Monday, January 28, 2013

Keindahan Alam Kalimantan Barat


Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan, dan beribukotakan Pontianak.

Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki propinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Pulau Simping
 
Pulau Simping merupakan
pulau terkecil di dunia dan telah diakui oleh PBB. pulau yang terletak di seberang pantai Teluk Mak Jantu Sinka Island kota Singkawang Kalimantan Barat ini sangat mudah di jangkau dengan melewati jembatan beton yang menghubungkan pantai teluk mak jantu dengan pulau ini. 



Pulau Randayan
 
Pulau Randayan merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau sungai raya Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Untuk menuju pulau ini dapat dilakukan melalui penyeberangan dari pantai Samudra Indah.



Pulau Maya
 
Pulau Maya merupakan salah satu pulau dari gugusan kepulauan karimata yang terletak di selat karimata Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, pulau ini luas dan berpenghuni,dengan kota utama Tanjung Satai. 



Pulau Temajo
 
Pulau ini terletak berseberangan dengan pantai kijing Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, namun untuk mencapai pulau ini terdapat kapal ferry reguler yang berlayar dari kota Mempawah Kabupaten Pontianak setiap harinya



Pulau Sawi

Pulau ini terdapat di Kabupaten Ketapang. Pantai yang bersih dan air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri pulau ini. . 


 

Pantai Pasir Panjang
Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Kalimantan Barat dan merupakan tujuan utama turis lokal maupun asing untuk menghabiskan waktu liburan.  

 

Taman Nasional Betung Kerihun

 
Betung Karihun adalah sebuah Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Di sini terdapat beraneka ragam hewan khas Kalimanta seperti Orangutan, Bekantan, dan burung Enggang Gading. 


Danau Sentarum
 
Taman Nasional Danau Sentarum merupakan perwakilan ekosistem lahan basah danau, hutan rawa air tawar dan hutan hujan tropik di Kalimantan. Disini terdapat banyak tumbuhan dan ikan khas Kalimantan Barat, Ikan Arwana.  




Bukit Kelam 

Bukit Kelam merupakan salah satu objek wisata alam yang eksotis di Kabupaten Sintang, dan telah menjadi kawasan hutan wisata yang memiliki panorama alam yang memesona. Di sini terdapat berbagai objek wisata alam seperti air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, serta sebuah tebing terjal yang tingginya sekitar 600 meter dan ditumbuhi pepohonan di kaki dan puncaknya. Bukit Kelam merupakan Batu Terbesar di Dunia
nama : galuh citra yulian puteri
kelas : XI ipa 3 / 13 

No comments:

Post a Comment